Sunday, March 22, 2015








Sukses Di Usia Muda, Siapa Takut..!


Cara menjadi orang sukses di usia muda tentunya bukan cara yang mustahil bisa anda terapkan juga apabila memang anda memiliki keinginan untuk bisa meraih kesuksesan semuda mungkin, namun kita semua juga harus paham bahwasanya kesuksesan bukanlah hal yang bisa di capai hanya dengan santai berada dalam zona nyaman kehidupan, kesuksesan bukan ibarat hujan yang turun dari langin, karena kesuksesan bisa menghampiri seseorang apabila ia punya usaha dan menerapakan cara menjadi orang sukses di usia muda.


Banyak cara menjadi orang sukses di usia muda, diantara langkah umum yang perlu kita pahami ialah bagaimana supaya kita bisa melakukan apa yang juga di lakukan oleh mereka yang bisa sukses di usia muda.


Sukses usia muda adalah impian bagi banyak orang, namun dari sekian banyak yang ingin sukses di usia muda hanya segelintir orang yang bisa meraihnya, mengapa demikian, dimana letak kesalahannya?... jawabannya singkat “ karena tidak melakukan cara menjadi orang sukses di usia muda” itu saja.



Lalu apa saja Straregi agar bisa sukses di usia muda?..oke ki
ta akan bahas satu persatu secara global bagaimana caranya menjadi orang sukses di usia muda berikut ini :




1. Punya Niat dan Keinginan Yang Kuat


Untuk sukses di usia muda harus punya niat sukses dan memiliki keinginan untuk sukses, jangan hanya menghayal saja tapi tekadkan niat anda dengan kuat dan tanamkan ambisi yang membara bahwa anda harus bisa sukses.


2. Memiliki Impian Sukses


Bermimpilah karena bermimpi itu gratis, jangan hiraukan perkataan orang lain tentang mimpi anda, karena mimpi mampu menjadi bahan bakar semangat anda. Tuliskan impian anda sebanyak – banyaknya pada sebuah buku, lalu baca dan baca bila perlu tempelkan pada dinding yang sering anda lihat. tetaplah jaga semangat dan Motivasi sukses anda.


3. Punya Tujuan Sukses


Untuk sukses di usia muda harus punya tujuan, tentukan tujuan anda, buatlah menjadi 3 bagian : Tujuan jangka pendek,menengah dan tujuan jangka panjang.


Jika hidup tidak punya tujuan maka anda hanya ibarat sebuah perahu di tengah lautan yang terombang ambing kesana kemari tanpa arah dan tujuan. Mereka yang telah berhasil sukses di usia muda karena mereka punya tujuan lalu mereka selalu berusaha untuk meraih tujuan mereka secepat mungkin. Fokuslah dengan tujuan sukses utama anda jangan banyak bercabang.


4. Tentukan Jangka waktu sukses anda


Maksunya ialah, anda menentukan waktu kapan anda akan bisa dan harus berhasil, misalnya dalam dua tahun saya harus punya rumah, setelah 5 tahun dari sekarang saya sudah punya perusahaan sendiri. Atau jika anda mahasiswa buatlah “ sebelum lulus kuliyah saya harus punya bisnis” sehingga setelah lulus bisnis anda sudah berjalan dan besar.


5. Buat dan Milikilah Strategy Sukses


buatlah rencana atau strategi apa yang akan anda lakukan untuk mencapai tujuan anda, anda akan melakukan apa dan bagaimana tentukan itu.


Strategi bisa di bagi menjadi 3 bagian :






Metode : metode apa yang akan anda jalankan.
Tools /alat : alat yang anda butuhkan dalam mencapai tujuan,missal anda bertujuan ke Jakarta tentunya anda membutuhkan alat seperti uang, mobil dll.
Leverage/daya Ungkit : kekuatan anda, kemampuan anda di perhitungkan jka kurang tambah dan jika belum lengkap lengkapi. Leverage mencakup : Resort ( sumber daya orang lain ), Ide, Contact, exercise ( bantuan desainer dari orang lain ).


6. Competence


meningkatkan kapasitas diri anda , seperti : Knowladge/pengetahuan, Attitude/ sikap sukses anda, Skill/keahlian ( solf skill dan hardskill ).


7. Action


Setelah punya niat, impian,tujuan dan strategi maka jangan lagi di tunda waktunya untuk beraksi, segeralah memulai karena dengan memulai anda akan membuka ketidak jeasan masa depan anda, berani memulai akan membuka pintu sukses yang lama tertutup.


Beranilah menerima dan mengambil resiko, karena resiko adalah alat pembentukan kekuatan dan kehebatan diri, berani merubah ide,rencana,gagasan dan tindakan anda. Tidak ada kesuksesan tanpa resiko, makan saja ada resiko kekenyangannya.


8. Result / Hasil


Anda harus berani menerima kenyataan hasil usaha anda, suka atau tidak itulah hasil anda, setiap hasil yang kita inginkan akan berbanding seimbang dengan usaha anda. Terus lakukan inovasi menjadi lebih baik.


9. Lakukan Evaluasi


Selalulah melakukan evluasi terhadap hasil kerja anda, missal setiap akhir bulan atau setiap munggu melakukan evaluasi.


10. Berilah nilai setiap usaha anda apakah : excellent,Very Good, Good, Everage, Poor.


Jika kurang perbaiki yang kurang jika baik maka tingkatkanlah.


11. Banyak bergaul dan bertanya kepada orang sukses.


12. jangan mudah menyerah sebelum keberhasilan anda raih.


13. jangan ijinkan diri anda menjadi gagal di usia muda, bekerjalah atau buatlah pekerjaan dan pekerjakan diri anda.


Belajar dan terus banyak belajar bagaimana cara menjadi orang sukses di usia muda.


14. berdo’a dan bertawakalah kepada Tuhan yang Maha Esa. Karena apapun usaha kita jika Tuhan tidak menghendaki maka apalah daya kita sebagai makhluk lemah ini, oleh sebab itu usaha tetap usaha namun jangan lupakan Tuhan Yang Maha Memberi Kemudahan hidup kita.


Demikian 14 Cara Menjadi Orang sukses di Usia Muda yang bisa saya bagikan kepada Sobat Lebah Master semua, Materi di atas adalah apa yang telah saya dapatkan di Bangku Kulyah dan sengaja saya bagikan disini supaya bisa bermanfaat juga untuk orang banyak.


Terapkan satu persatu secara berlahan namun pasti bertindak dengan penuh keyakinan semoga anda bisa menjadi orang sukses di usia muda secepat mungkin. Salam sukses. (M.T)


Other article : 7 Rahasia Sukses Para Pengusaha sukses

SHARE THIS

Author:

0 komentar: